INTERNET and NETWORK

Internet, Siapa saat ini yang tidak mengenal kata internet? Kebutuhan jaringan internet dirasa sangat perlu untuk bertukar informasi dijaman modern sekarang ini. Para ilmuwan dari masa ke masa selalu mengembangkan dan mempercanggih dunia internet agar dapat mencakup seluruh kebutuhan manusia.

 

  • SEJARAH INTERNET

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research InstituteUniversity of CaliforniaSanta Barbara,University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

 

Perkembangan Sejarah intenet dapat dibagi dalam empat aspek yaitu :

  1. Adanya aspek evolusi teknologi yang dimulai dari riset packet switching (paket pensaklaran) ARPANET (berikut teknologi perlengkapannya) yang pada saat itu dilakukan riset lanjutan untuk mengembangkan wawasan terhadap infrastruktur komunikasi data yang meliputi beberapa dimensi seperti skala,performannce/kehandalan, dan kefungsian tingkat tinggi.
  2. Adanya aspek pelaksanaan dan pengelolaan sebuah infrastruktur yang global dan kompleks.
  3. Adanya aspek sosial yang dihasilkan dalam sebuah komunitas masyarakat besar yang terdiri dari para Internauts yang bekerjasama membuat dan mengembangkan terus teknologi ini.
  4. Adanya aspek komersial yang dihasilkan dalam sebuah perubahan ekstrim namun efektif dari sebuah penelitian yang mengakibatkan terbentuknya sebuah infrastruktur informasi yang besar dan berguna. Internet sekarang sudah merupakan sebuah infrastruktur informasi global (widespread information infrastructure), yang awalnya disebut “the National (atau Global atau Galactic) Information Infrastructure” di Amerika Serikat.

 

·         INTERNET BROADBAND

Internet Broadband adalah istilah generik yang digunakan untuk berbagai jenis koneksi internet dengan mengunakan teknologi broadband. Pengertian Broadband dalam arti harfiah, berarti jangkauan frekuensi yang luas yang digunakan untuk mengirim dan menerima data.

Istilah, broadband mengacu pada koneksi bandwidth  internet. Istilah bandwidth umumnya digunakan untuk merujuk pada kecepatan transfer data, dalam hal jaringan komputer dan koneksi internet.  transfer data biasanya diukur dalam bit per detik (bps). Dalam koneksi internet broadband, kecepatan transfer sangat tinggi dibandingkan dengan koneksi dial-up internet.

Ada berbagai jenis koneksi internet broadband, tergantung pada kecepatan, biaya dan ketersediaan. Beberapa jenis koneksi internet broadband :

1.      Koneksi Internet Broadband ADSL dan SSL

ADSL adalah koneksi broadband yang paling umum digunakan untuk keperluan rumahan dan komersial. ADSL merupakan saluran digital yang dapat digunakan untuk mengakses internet tanpa mengganggu saluran telepon. ADSL bekerja pada kecepatan 512 kbps keatas. ADSL memungkinkan kecepatan internet koneksi tinggi  tanpa mengganggu kesibukan saluran telepon. Dalam kasus koneksi ADSL, kecepatan download lebih besar daripada kecepatan upload,  Hal inilah sehingga  diistilahkan dengan ‘asimetris’ karena perbedaan dalam kecepatan download dan upload.

 

  1. SDSL (Symmetric Digital Subscriber Line)

SDSL mirip dengan ADSL, hanya berbeda dalam satu aspek, yaitu kecepatan upload. koneksi internet  broadband  SDSL  ditandai dengan kecepatan upload  dan  download identik. Hal ini bermanfaat untuk tujuan komersial dan bisnis jika memerlukan kecepatan upload yang tinggi, dan koneksi SDSL memenuhi persyaratan untuk itu. Biaya SDSL lebih mahal dibanding ADSL, tetapi hal ini bukanlah menjadi beban jika mempertimbangkan keuntungan dari sisi bisnis.

3.      Koneksi Internet Broadband Wireless

Koneksi internet nirkabel adalah kebutuhan sepanjang hari. Saat  ini, laptop, palmtop dan ponsel, semua memiliki koneksi internet nirkabel.  kecepatan  proses download yang disediakan oleh jenis akses  teknologi  ini berkisar 128 kbps sampai 2Mbps. Teknologi ini berkembang karena meningkatnya penggunaan perangkat nirkabel seperti ponsel dan laptop.dan kapsul.

4.      Koneksi Kabel Internet Broadband

Internet dapat diakses melalui sambungan TV kabel. Koneksi kabel internet  broadband dibuat tersedia bersama dengan saluran TV kabel. Kabel koneksi internet  broadband menyediakan kecepatan mulai dari 2 Mbps sampai 8 Mbps. Sambungan secara luas digunakan di daerah perumahan di beberapa kota-kota besar. Hal ini lebih populer dibandingkan dengan koneksi internet ADSL, meskipun kecepatan download dan upload dari kedua jenis koneksi internet ini  adalah sama.

5.      Koneksi Internet Broadband Satelit

Satelit geostasioner menyediakan akses internet. Hal ini membutuhkan parabola dan diperlukan. perangkat keras pendukung lainnya untuk menerima sinyal.  Kecepatan yang ditawarkan oleh koneksi internet satelit adalah 2 Mbps untuk download dan 1 Mbps untuk upload. Kecepatan ini lebih sedikit dibandingkan dengan jenis lain dari koneksi broadband. Pada koneksi satelit broadband faktor cuaca mempengaruhi sebagian besar.sinyal pada jenis koneksi internet broadband ini.

 

  • PERBEDAAN JARINGAN SATELIT DAN KABEL

  1. Satelit

Kelebihan Media Satelite, yaitu :

  1.  Koneksi dimana saja. Tidak perlu LOS (Line of Sigth) dan tidak ada masalah dengan jarak,
  2.   Jangkauan cakupannya yang luas baik nasional, regional maupun global,
  3. Pembangunan infrastrukturnya relatif cepat untuk daerah yang luas, dibandingteresterial,
  4. Komunikasi dapat dilakukan baik titik ke titik maupun dari satu titik ke banyak titik secara broadcasting, multicasting,
  5. Kecepatan bit akses tinggi dan bandwidth lebar,
  6. VSAT bisa dipasang dimana saja selama masuk dalam jangkauan satelite,
  7. Handal dan bisa digunakan untuk koneksi voice, video dan data, dengan menyediakan bandwidth yang lebar,
  8. Jika ke internet jaringan akses langsung ke ISP/ NAP router dengan keandalannya mendekati 100%,
  9. Sangat baik untuk daerah yang kepadatan penduduknya jarang dan belum mempunyai infrastuktur telekomunikasi.

 

Kekurangan Media Satelite, yaitu :

  1. Besarnya throughput akan terbatasi karena delay propagasi satelite geostasioner. Kini berbagai teknik protokol link sudah dikembangka sehingga dapat mengatasi problem tersebut. Diantaranya penggunaan Forward Error Correction yang menjamin kecilnya kemungkinan pengiriman ulang,
  2. Waktu yang dibutuhkan dari satu titik di atas bumi ke titik lainnya melalui satelite adalah sekitar 700 milisecond (latency), sementara leased line hanya butuh waktu sekitar 40 milisecond. Hal ini disebabkan oleh jarak yang harus ditempuh oleh data yaitu dari bumi ke satelite dan kembali ke bumi. Satelite geostasioner sendiri berketinggian sekitar 36.000 kilometer di atas permukaan bumi.
  3. Sangat sensitif cuaca dan Curah Hujan yang tinggi, Semakin tinggi frekuensi sinyal yang dipakai maka akan semakin tinggi redaman karena curah hujan.
  4. Rawan sambaran petir gledek.

 

  1. Kabel

Kelebihan :

  1. Memiliki kecepatan transmisi data yang tinggi
  2. Biaya pemasangan dan implementasi yang lebih murah dibandingkan dengan wireless
  3. Kabel mudah diperoleh dengan harga yang relative terjangkau
  4. Kondisi jaringan yang menjadi lebih stabil
  5. Compatible dengan banyak alat elektronik

Kekurangan :

  1. Instalasi yang cukup rumit dan cenderung repot
  2. Membutuhkan manajemen dan penyusunan kabel yang baik dan benar
  3. Sulit untuk diaplikasikan pada sistem jaringan yang luas
  4. Poisisi dan letak kabel rentan terhadap gangguan hama
  5. Bila terjadi gangguan, sulit untuk mendeteksi penyebab kerusakan
  6. Tidak semua kabel memiliki kualitas transmsisi data yang baik

 

 

  • HUBUNGAN ALAMAT IP DENGAN DOMAIN

 

Nama domain adalah alamat dari sebuah website. Nama domain inilah yang akan digunakan oleh orang-orang untuk dapat mengunjungi website Anda, misalnya Facebook.comGoogle.com, Wikipedia.org, BelajarBisnisInternet.com.

Domain adalah sebuah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat IP dari sebuah server komputer. Alamat IP sendiri merupakan sebuah susunan angka yang terdiri dari beberapa digit angka, misalnya alamat IP 66.220.156.68 (pada saat artikel ini dibuat) adalah alamat dari server komputer Facebook.com. Anda bisa coba ketik 66.220.156.68 pada Address Bar di browser Anda, maka Anda pun akan masuk ke halaman Facebook.com. Nah, sekarang bisa Anda bayangkan seandainya tidak ada nama domain, maka berapa banyak angka dari alamat IP yang harus Anda ingat hanya untuk sekedar membuka website-website yang sering Anda akses.

Jadi fungsi dari nama domain adalah untuk mempermudah pengunjung dalam mengakses dan mengingat alamat website Anda. Selain itu, apabila sewaktu-waktu Anda harus mengubah alamat IP website Anda untuk keperluan tertentu (misalnya pindah server komputer), maka Anda tidak perlu susah-susah memberitahu ke pengunjung alamat IP baru Anda, karena yang mereka perlukan hanyalah sebuah nama domain untuk bisa akses ke website Anda.

 

  • FITUR DARI BROWSER DAN IDENTIFIKASI KOMPONEN DARI ALAMAT WEB
  1. Fitur pada web browser yang jarang diketahui :
  2. Drag and Drop untuk meng-upload
  3. Render 3D Graphic pada browser

Biasanya digunakan untuk bermain game dan 3D model.  Contoh website 3D grafik yang paling popular adalah Google Maps.

  1. Komunikasi dengan WebSocket

WebSocket digunakan untuk mengijinkan sebuah halaman web untuk berkomunikasi secara dua arah dengan web server melalui TCP connection, sehingga dapat mengurangi latency dan traffic network ketika sebuah halaman web ingin bertukar data dengan server.

  1. Memainkan Video dan musik tanpa flash
  2. Menjalankan aplikasi web secara offline

Browser kini dapat menjalankan aplikasi web secara fofline, dimana browser menyediakan penyimpanan database secara lokal, sehingga aplikasi tersebut tetap dapat mengakses data anda.

  1. Mengakses WebCam dan video conference

Sebuah website dapat menggunakan fitur ini untuk mengambil foto menggunakan webcam anda, saat anda ingin merekam video atau mengambil gambar diri.

  1. Menampilkan Pop-Up notifikasi
  2. Mengidentifikasi lokasi
  3. Menjadikan web aplikasi sebagai aplikasi default
  4. Menjalankan native code pada browser

2.      Komponen Yang Ada Pada Blog/Website

1.      Title

Adalah judulatau nama alias dari sebuah halaman web. Letaknya di titlebar browser.

2.      Nama Domain

Nama domain adalah nama alias dari sebuah website. Sebenarmmya, nama asli dari setiap website itu berupa IP address yang berupa nomor acak yang unik. Nama domain disewa dari pencatat/ registrar domain per tahun. Domain digunakan agar manusia mudah untuk mengingat nama sebuah website. Kadangkala nama domain juga mewakili nama sendiri, nama brand, produk, maupun perusahaan.

3.      Alamat URL

URL singkatan dari Uniform Resource Locator. Jika sebuah halaman web kita diibaratkan dengan rumah, maka URL ini adalah alamat lengkap rumah kita. Letaknya ada di addressbar browser. Setiap halaman web memiliki URL yang unik dan berbeda. Format URL bermacam- macam. Namun, semuanya selalu diawali dengannama domain website atau blog tersebut.

4.      Link/ tautan

Jika diibaratkan lagi bahwa halaman web adalah rumah, maka link atau tautan ini adalah pintu/ gerbang yang menuju ke halaman lain baik ini yang masih satu web maupun halaman di web yang berbeda.

5.      Header

Header adalah bagian atas dari sebuah website. Biasanya berisi nama situs, logo, dan deskripsinya. Header berfungsi untuk menampilkan identitas utama dari sebuah situs.

6.      Konten/ Isi

Konten/ isi sebuah situs berupa informasi dan artikel yang biasanya terletak dibagian tengah. Konten adalah bagian terpenting dari sebuah blog maupun website. Konten di halaman utama sebuah blog biasanya adalah daftar posting.

7.      Sidebar

Sidebar adalah bagia sisi kanan maupun kiri sebuah website dan terletak di sisi konten. Sidebar biasanya berisi informasi tambahan dan navigasi dar sebuah website. Sidebar diisi dengan widget- widget.

8.      Widget

Widget adalah sebuah daerah pada website yang isinya berupainformasi tertentu dan memliki fungsi tertentu pula. Widget tidak harus terletak pada sidebar. Widget bias terletak pada bagian atas posting.

Contoh : 

9.      Footer

Footer adalah bagian dasar atau bagian paling bawah dari sebuah website. Fungsi utamanya adalah sebagai kaki dan berisi informasi hak cipta, kepemilikan, link tambahan, sumber daya, sponsor dan kredit sebuah website. Namun footer biasanya dijadikan tempat untuk menaruh widget.

Contoh : 

10.  Navbar

Navbar adalah kependekan dari navigasi bar. Navbar merupakan bagian website yang biasanya terletak dibagian paling atas dan bersifat melayang fixed (selalu terlihat walaupun di scroll). Navbar berfungsi untuk mempermudah navigasi suatu situs. Biasanya berisi link- link penting yang mungkin dikunjungi dalam situs itu.

Contoh : 

11.  Menu

Menu adalah bagian dari website yang berisi link- link utama yang mengarah pada halaman tertenti di sebuah website. Secara fungsi hampir sama dengan navbar yaitu mempermudah untuk navigasi di web. Namun teknisnya sedikit berbeda karena biasanya menu tidak melayang. Menu biasanya terletak diatas atau dibawah header.

Contoh : 

12.  Breadcrumb

Breadcrumb merupakan sebuah elemen website berbentuk memanjang yang isinya adalah informasi tentang letak, posisi, gdan atau jalur halaman yang sedang dikunjungi dalam website itu. Breadcrumb biasanya hanya ada di halaman spesifik/ single seperti halaman posting dan sejenisnya.

Contoh : 

13.  Form

Form pada website berfungsi untuk penginputan data dari pengakses website baik itu yang bersifat wajib atau opsional. Form pada website memiliki berbagai cara input seperti Textfield, Password, ComboBox, Textarea, Radio, Checkbox, Button, dan lain- lain.

Contoh : 

14.  Sharing Button Bar (Bar Tombol Berbagi)

Sharing Button Bar adalah tempat dimana berbagai jenis tombol berbagi ke media sosial berada. Tombol berbagi ini berfungsi untuk membagikan posting maupun isi pada halaman yang dikunjungi ke media sosial pengunjung.

Contoh : 

15.  Pop-Up

Pop-up adalah sebuah elemen pada websiteyang sifatnya hanya akan muncul/ada jika dikliknya sebuah tombol atau link tertentu pada website. Pop-Up adalah sebuah jendela yang berisi informasi tertentu yang ingin disampaikan oleh pemilik situs.

 

·         MANFAAT DAN RESIKO MENGGUNAKA JEJARING SOSIAL

 

Google merupakan mesin pencari yang terbaik dan paling banyak digunakan. Meski mencari informasi dari Google memang sangat mudah cukup dengan mengetikkan beberapa kata kunci yang ingin dicari, namun memilah hasil pencarian yang relevan dengan kebutuhan tentu bisa menjadi masalah yang memusingkan bagi kita.
Kita harus menggunakan trik-trik khusus supaya google bisa  menampilkan hasil pencarian yang efektif dan efisien, tepat sesuai dengan yang kita harapkan. Dengan cara meletakkan kode-kode tertentu baik berupa tanda baca maupun kalimat-kalimat tertentu untuk mengarahkan hasil pencarian.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk mencari secara efektif dan efisien di google:

1. Gunakan kata kunci yang spesifik
Ketika melakukan pencarian melalui Google hindari menggunakan kata-kata yang terlalu umum. Gunakanlah kata kunci yang lebih spesifik karena Google adalah sebuah mesin yang tidak mungkin bisa memahami kebutuhan informasi yang diinginkan oleh masing-masing orang.

2. Gunakan kata kunci yang lebih bervariasi
Jika Anda belum menemukan informasi yang ingin Anda dapatkan meski telah menggunakan kata kunci yang lebih spesiifk, mencoba dengan kata kunci yang lebih bervariasi tentu merupakan langkah yang patut untuk dicoba. Bagaimanapun seluruh informasi di internet pada dasarnya berasal dari manusia yang tentu saja diungkapkan dalam beragam cara dan bahasa.

Oleh karena itu tidak ada salahnya jika Anda menggunakan kata kunci yang lebih bervariasi dalam mencari informasi dari internet. Sebagai contoh ketika Anda mengetikkan kata “LTE concept” dan tidak mendapatkan informasi yang memuaskan, maka mencoba mencari dengan kata kunci “LTE tutorial” tentu bisa Anda lakukan sebagai sebuah alternatif.

3.  Gunakan kalimat tanya
Selain mencari informasi dengan menggunakan kata kunci, mencari tahu dengan menggunakan kalimat tanya juga dapat Anda pakai sebagai alternatif. Sebagai contoh ketika Anda ingin menemukan informasi soal DLNA, Anda dapat menggunakan kalimat tanya “apa itu DLNA?”.Hasilnya dengan memakai kalimat tanya seperti iniselain lebih relevan, pertanyaan anda juga dapat langsung terjawab bukan?

4. Gunakan “tanda kutip”
Bila suatu saat Anda menggunakan Google untuk mencari informasi tentang ponsel dengan fitur DLNA dengan mengetikkan “DLNA enabled phone” hasil yang Anda dapatkan belum tentu berkaitan dengan merek dan model ponsel yang telah mendukung konektivitas DLNA.

Nah agar hasil pencarian yang Anda inginkan lebih relevan, gunakan saja salah satu trik google yaitu tanda kutip menjadi “DLNA Enabled Phone”. Dengan cara seperti ini, Google akan menghapus hasil pencarian yang tidak berkaitan dengan topik yang dicari.

5. Gunakan tanda plus (+) dan Min (-)

  • Tanda (+)
    untuk menambahkan kata yang ingin dicari pada pencarian informasi. misalkan “kematian tokoh manga” (ingat pakai tanda kutip) lalu khusus untuk tokoh naruto saja . Maka cukup anda tulis di “kematian tokoh manga” +naruto. Hasilnya selain mencari keyword “kematian tokoh manga” google juga akan menempatkan hasil pencarian teratas jika ada keyword “naruto”.
  • Tanda (-)
    Tentu saja digunakan untuk mengurangi hasil pencarian. Lalu apa gunanya? kenapa kita harus mengurangi hasil pencarian.Ini dikarenakan google mengindex semua halaman yang dianggapnya penting. Tidak peduli apakah itu sebenarnya hanya iklan, berita, bookmarking dsb.

Coba anda bayangkan kita akan mencari soal psikotes. tapi yang muncul hanya iklan dari orang yang menjual soal psikotes. Maka dari itu dan oleh karena itu kita gunakan tanda – untuk menghilangkan iklan. Menjadi “soal psikotes” -iklan.

Bisa juga anda menggunakan google supaya tidak mencari di situs tertentu. Terutama situs iklan baris atau situs bookmarking semacam digg.com atau lintasberita.com. contohnya “soal psikotes” – site:lintasberita.com

6. Informasi di internet itu bukan hanya website (file html)
Informasi di internet bukan hanya website ada beragam file semacam pdf, doc(ms word) bahkan flv (file video seperti di youtube). Caranya tinggal tambahkan kode filetype:”tipe “.

Misalnya ingin mencari soal psikotes dalam bentuk file pdf, Ya tinggal ketikkan saja “soal psikotes” filetype:pdf. Untuk melihat apa saja kode file yang didukung google bisa dilihat di google advanced

FITUR PENCARIAN DASAR GOOGLE

  • AND: Mencari informasi yang mengandung kedua kata yang kita cari. contoh sistem informasi maka masukan sistem and informasi atau sistem+informasi
  • OR : Mencari infornasi yang mengandung salah satu dari kedua kata. contoh saus or sambal atau saus | sambal
  • FRASE : Mencari informasi yang mengandung frase yang dicari dengan menggunakan tanda ” “. contoh “perangkat lunak”
  • NOT : Hasil pencarian yang mengandung kata yang di depan, tapi tidak dibelakang (-).contoh, kucing -persia kata tersebut akan menampilkan hasil pencarian kata kucing tapi tidak untuk persia
  • SINONIM (~): Mencari kata beserta sinonim-sinonimnya. contoh, ~negara akan membawa hasil pencarian negara dan sinonim-sinonimnya.
  • ASTERIK (*): Karakter pengganti kata. dari contoh, hasil yang didapat bisa: ayam bakar pedas, ayam goreng dan lainnya ayam*pedas
  • TANDA TIKIK(.): Karakter pangganti kata. Dari contoh ko.i dari contoh bisa didapatkan koki, kopi dan lainnya.
  • CASE INSENTITIVE: Pencarian digoogle menangkap kapital dan bukan kapital sebagai sesuatu yang sama. Jadi Bloger, bLoger, BloGER semuanya akan membawa pancarian yang sama
  • PENGABAIAN KATA : Google mengabaikan keyword berupa karakter tunggal dan kata-kata berikut : a, about, an, and, are, as, dan lainnya. tapi misalnya kita inginkan juga bisa dengan
  • menggunakan karakter + di depan kata yang di cari (Misal : “SWars Episode + I”)
  • I’M FEELING LUCY : Akan membawa kita langsung menuju ke hasil pencarian pertama query kita.
  • FITUR PENCARIAN LANJUT: Fitur untuk mencari dengan kriteria-kriteria tertentu, misalnya negara, bahasa, type file, update terakhir, dll
  • DEFINE: Mencari definisi dari sebuah terminologi. Dari contoh di bawah, hasil yang didapat adalah berbagai definisi tentang cyberlaw dari berbagai sumber. define:cyberlaw
  • CHACE: Menampilakn situs web yang telah diindeks oleh google meskipun sudah tidak aktif lagi. cache:oldsite.co.cc
  • LINK : Menampilkan daftar link yang mengarah ke sebuah situs. Contoh link:transiskom.com
  • RELATED : Menampilkan daftar situs yang serupa, mirip atau memiliki hubungan dengan suatu situs. Contoh related:transiskom.com
  • INFO : Menampilkan informasi yang google ketahui tentang sebuah situs.
  • contoh info:transiskom.com
  • FILETYPE : Menampilkan jenis pencarian yang berupa extensi file tertentu. sedangkan jenis filenya adalah : doc, xls, rtf, swf, ps, lwp, wri, ppt, pdf, mdb, txt dan lainnya. Contoh : belajar php filetype:pdf
  • ALLINTITLE : Menampilkan seluruh kata yang dicari dalam TITLE halaman. Contoh allintitle:jaringan komputer
  • INTITLE : Menampilkan satu kata yang dicari di dalam TITLE halaman. Contoh intitle:jaringan komputer
  • SITE : Menampilkan pencarian khusus di suatu situs yang ditunjuk. Contoh: jaringan komputer:transiskom
  • INURL: Menampilkan seluruh kata yang dicari dalam URL. Menghasilkan daftar URL yang mengandung kata pancoran. Contoh inurl:pancoran
  • ALLINURL : Menampilkan seluruh kata yang dicari dalam URL. Contoh dibawah akan menghasilkan daftar  URL yang mengandung kata pancoran. allinurl:pancoran

 

 

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF MENGGUNAKAN SOSIAL MEDIA

Berbicara sosial media sekarang ini memang sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat, hampir tiap individu menggunakan media sosial dari yang muda hingga yang tua baik untuk berbinis maupun hanya sebatas terhubung dengan teman.
Dengan adanya sosial media memang sangatlah membantu kita dalam berhubungan dengan orang lain, baik teman maupun saudara. Namun di dalam kemudahan itu juga terdapat dampak positif serta negatifnya, berikut akan dijelaskan dampak yang terjadi dalam penggunaan media sosial.

  1. Dampak Positif
  • Sebagai tempat promosi Dengan banyaknya orang yang menggunakan jejaring sosial, membuka kesempatan kita untuk mempromosikan produk/jasa yang kita tawarkan
    • Ajang memperbanyak teman, Dapat menambah teman baru maupun relasi bisnis dengan mudah
    • Sebagai media komunikasi, Mempermudah komunikasi kita dengan orang-orang, baik dalam maupun luar negeri Tempat mencari informasi, Banyak juga instansi pencari berita yang menggunakan media sosial sebagai media penyeberannya
    • Tempat berbagi, Dengan fitur yanga ada pada media sosial kita dapat dengan mudah saling bertukar data baik berupa foto, dokumen, maupun pesan suara
  1. Dampak Negatif
  • Munculnya tindak kejahatan, Banyak juga orang yang menggunakan media sosial sebagai alat untuk melakukan kejahatan seperti contohnya penculikan dan penipuan
    • Mengganggu hubungan antar pasangan, Media sosial juga dapat memicu kecemburuan antar pasangan jika memang pasangan itu berhubungan yang tidak wajar dengan orang lain
    • Menimbulkan sifat candu, Media sosial juga dapat menimbulkan candu yang dapat mengakibatkan sifat penggunanya menjadi autis atau lebih menutup diri pada kehidupan sekitar

Seperti itulah dampak negatif dan positif dari penggunaan media sosial, tetapi semua kembali lagi kepada orang yang menggunakannya. Media sosial hanyalah alat pengubung dan kita selaku pengguna harus menggunakannya dengan baik dan bijak.

 

 

 

DAFTAR REFERENSI :

http://www.pemmzchannel.com/2013/04/09/10-fitur-yang-jarang-diketahui-pada-web-browser/

https://www.devaradise.com/id/2013/12/mengetahui-fungsi-elemen-komponen-widget-pada-website.html

http://nusindo.co.id/dampak-positif-dan-negatif-menggunakan-sosial-media/

http://www.transiskom.com/2015/07/tips-trik-pencarian-di-google-yang.html

 

Nuansa Intan Pertiwi (9)

HALLO
selamat mampir di Blog-ku eyang, pade, bude, om, tante, kak, dek, yang, beb, dll :)), jangan lupa corat- coret sebelum meninggalkan berandaku, karna coretan kalian yang mungkin akan menjadi semangatku, sebelumnya aku ucapkan thankyou, and ILOVEYOU *eh

Leave a Reply

Your email address will not be published.