ONE DRIVE

ONE DRIVE

Pengertian

OneDrive  (sebelumnya SkyDrive, Windows Live SkyDrive, dan Windows Live Folders) adalah layanan file-hosting yang dioperasikan oleh Microsoft sebagai bagian dari rangkaian layanan onlinenya. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan file serta data pribadi lainnya seperti pengaturan Windows atau tombol pemulihan BitLocker di awan. File dapat disinkronisasikan ke PC dan diakses dari peramban web atau perangkat seluler, serta dibagikan secara publik atau dengan orang tertentu.

OneDrive menawarkan ruang penyimpanan 5 GB secara gratis; penyimpanan tambahan dapat ditambahkan secara terpisah atau melalui langganan ke layanan Microsoft lainnya termasuk Office 365 dan Groove Music.

OneDrive adalah satu tempat untuk segala hal dalam hidup Anda. Ini memberi Anda penyimpanan online gratis untuk semua file pribadi Anda, sehingga Anda dapat mengaksesnya dari Mac dan perangkat lain yang Anda gunakan – iPhone, iPad, PC, Windows Phone atau Android. Dengan  OneDrive for Business, Anda juga mendapatkan penyimpanan untuk file kerja Anda sehingga Anda dapat berbagi dan berkolaborasi dengan orang lain di kantor atau sekolah / universitas

 

Kelebihan OneDrive 

  1. Ruang penyimpanan yang sudah memadai
  1. Akses dari berbagai perangkat

Memang harus di akui, 5 GB bukanlah angka yang banyak untuk ruang penyimpanan di masa sekarang meskipun begitu bukan juga berarti sangat sedikit mengingat 5 GB sudah termasuk kategori yang memadai. Untuk kebutuhan yang lebih banyak sangat di sarankan untuk beralih ke akun premium yang menawarkan penyimpanan sebanyak 1TB.

  1. Terintegrasi dengan office onlineOneDrive sudah mendukung berbagai Operating Sistem (OS) seperti Android, Mac OS, iOS, Windows, Windows Phone dan versi web tentunya. Dengan didukungnya berbagai OS tentu menggunkan OneDrive jadi lebih mudah.

Ini merupakan hal yang paling menarik, bayangkan saja, saat kamu ingin mengedit sebuahfile dokumen namun di komputer tersebut tidak tersedia aplikasi-aplikasi yang kamu butuhkan. Dengan OneDrive di manapu dan kapanpun kamu berada tidak akan menutup kemungkinan buat kamu untuk mengedit dan mengakses data-data yang telah kamu simpan di OneDrive.

  1. Tata letak yang bisa diatur sendiri dan mudah di akses

Mungkin fitur seperti inilah yang hanya di miliki OneDrive yang bahkan tidak di miliki oleh layanan serupa yakni Googe Drive, tata letak yang bisa di atur serta di ubah-ubah sesuai keinginan sendiri. Kamu dapat memilih 3 templet yang tersedia: Daftar, Ubin dan foto, masing-masing dari templet tersebut terlihat sangatlah menarik.

  1. Fitur-fitur yang hebat

Microsoft juga menghadirkan berbagai fitur-fitur yang keren pada layanan mereka yang satu ini misalnya: File: itu adalah menu home karena di sana terdapat semua berkas yang kamu simpan selanjutnya Terbaru, Foto, Sampah, Bersama dan keranjang sampah, fitur-fitur tersebut tentu memiliki kelebihan sendiri yang akan kita bahas di artikel selanjutnya.

 

Kekurangan One Drive

  1. Membutuhkan Biaya sebesar $59,68 hanya untuk menambah Kapasitas
    Storage sebesar 100 GB.
    2. OneDrive hanya tersedia untuk Windows, Mac, IOS, Android, dan Windows Phone
    3. Dalam fitur pencarian OneDrive bisa membaca isi teks pada file dokumen.

 

Penyimpanan

Kuota

Pada 2016, layanan ini menawarkan penyimpanan gratis 5 GB untuk pengguna baru. Penyimpanan tambahan tersedia untuk pembelian. Jumlah penyimpanan yang tersedia telah berubah beberapa kali. Awalnya, layanan ini menyediakan penyimpanan 7 GB dan, untuk satu tahun, penyimpanan gratis 3 GB gratis untuk siswa. selain penyimpanan gratis 7 GB (atau 25 GB untuk pengguna yang berhak mendapatkan upgrade gratis), pengguna listrik yang membutuhkan lebih banyak penyimpanan dapat memilih salah satu dari empat rencana penyimpanan premium.

Pada bulan Juni 2014 diumumkan bahwa penyimpanan default OneDrive akan meningkat menjadi 15 GB. Pada bulan Oktober 2014, Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan menawarkan penyimpanan OneDrive tak terbatas ke semua pelanggan Office 365.

 

Versi

OneDrive awalnya tidak menyimpan versi file sebelumnya, kecuali untuk format Microsoft Office. Pada bulan Juli 2017, tim Microsoft OneDrive mengumumkan bahwa dukungan sejarah versi untuk semua jenis file adalah fitur yang diminta; Dengan demikian, OneDrive akan menyimpan versi lama dari semua file hingga 30 hari.

 

Tempat sampah

OneDrive menerapkan “recycle bin”; file yang dipilih pengguna untuk dihapus disimpan di sana untuk sementara waktu, tanpa dihitung sebagai bagian dari alokasi pengguna, dan dapat dipulihkan sampai akhirnya dibersihkan dari OneDrive. [18]

 

Format

OneDrive memungkinkan penayangan dokumen dalam Portable Document Format (PDF), dan dalam Open Document Format (ODF), sebuah format file berbasis XML yang didukung oleh sejumlah aplikasi pengolah kata, termasuk Microsoft Office, LibreOffice, OpenOffice. org dan Corel’s WordPerfect.  Fungsi pencarian OneDrive mendukung pencarian dalam dokumen PDF.

OneDrive menyertakan editor teks online yang memungkinkan pengguna melihat dan mengedit file dalam format teks biasa, seperti file teks dan file batch. Penyorotan sintaks dan penyelesaian kode tersedia untuk sejumlah bahasa pemrograman dan markup, termasuk C #, Visual Basic, JavaScript, Windows PowerShell, CSS, HTML, XML, PHP dan Java. Editor online ini menyertakan fitur find and replace dan cara untuk mengelola penggabungan file konflik.

 

Foto dan video

OneDrive dapat menggunakan data lokasi geografis untuk foto yang diunggah ke layanan ini, dan secara otomatis akan menampilkan peta lokasi yang diberi tag. OneDrive juga memungkinkan pengguna untuk memberi tag orang pada foto yang diunggah melalui antarmuka web atau melalui Windows Photo Gallery. Foto yang diupload ke OneDrive bisa dimainkan sebagai slideshow otomatis.

 

Interoperabilitas

OneDrive memungkinkan pengguna untuk menanamkan dokumen Word, Excel dan PowerPoint mereka ke halaman web lainnya. Dokumen-dokumen tertanam ini memungkinkan siapa saja yang mengunjungi halaman web ini untuk berinteraksi dengan mereka, seperti melihat-lihat slideshow PowerPoint yang tertanam atau melakukan perhitungan dalam spreadsheet Excel yang disematkan.

 

Masalah privasi

Data yang tersimpan di OneDrive tunduk pada pemantauan oleh Microsoft, dan konten apa pun yang melanggar Kode Etik Microsoft tunduk pada penghapusan dan dapat menyebabkan penghentian sementara atau permanen akun. Microsoft telah menanggapi dengan menunjukkan bahwa “kebijakan internal yang ketat diterapkan untuk membatasi akses ke data pengguna”, dan bahwa mekanisme lanjutan, seperti tool scanning PhotoDNA Microsoft yang otomatis, digunakan untuk memastikan pengguna mematuhi Code of Conduct dan bahwa akun mereka tidak mengandung file yang bertentangan, seperti ketelanjangan manusia sebagian (termasuk seni atau gambar), atau survei online.

Alasan menggunakannya

  1. Tampilan yang elegan dan mudah di akses

OneDrive memang menawarkan tampilan yang elegan serta menu navigasi yang lebih sederhana dan mudah untuk di pahami oleh siapapun termasuk bagi kamu yang masihawam mengenai hal itu.

 

  1. Untuk mengamankan data

Di lansir dari new.microsoft.com survei membuktikan bahwa seseorang akan lebih memilih kehilangan perangkat ketimbang kehilangan data pentingya, bagaimana dengan kamu? lalu apa yang kamu lakukan untuk itu, apakah kamu memilih menyimpan datamu pada flashdisk? lalu apa yang terjadi jika flashdisk kamu hilang?

Sangat di sayangkan bukan jika sampai kehilangan data yang penting, nah untuk itu ada baiknya kamu menyimpan berbagai data penting kamu di OneDrive. Itulah alasan yang dapat kami berikan kenapa kamu harus menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.