Teknologi Informasi

Teknologi Informasi

Teknologi dibuat atas dasar ilmu pengetahuan dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia, Banyak sekali manfaat teknologi informasi dalam kehidupan sehari hari pada jaman sekarang ini, salah satu contohnya dalam perkembangan teknologi informasi sendiri yang sangat cepat terbukti dengan hadirnya smartphone. Tentunya smartphone sendiri mempunyai manfaat teknologi informasi dalam kehidupan sehari hari, mulai dari sms maupun telepon. Dalam kebutuhan utama sebuah smartphone tentunya sekarang ini dapat di lakukan dengan gratis tanpa mengeluarkan pulsa sedikitpun, hanya dengan koneksi internet. Untuk mempunyai koneksi internet sendiri untuk perangkat smartphone harus menggunakan wifi atau kuota.

Apasih pengertian teknologi informasi itu?

Teknologi Informasi (information technology) atau biasa yang disebut TI, IT adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang menbawa data, suara, dan video. (William,2003)

Dari pengertian tersebut dapat ditarik kesimoulan bahwa teknologi informasi tidak hanya sekedar teknologi komputer, tetapi juga mencakup teknologi telekomunikasi . Dengan kata lain, yang disebut teknologi informasi adalah gabungan dari teknologi komputer dan teknologi komunikasi.

Teknologi yang mendasari teknologi informasi adalah sebagai berikut:

  1. Teknologi Komputer

Teknologi komputer adalah teknologi yang berhubungan dengan computer, termasuk peralatan- peralatan yang berhubungan dengan komputer seperti printer, pembaca sidik jari, ROM, dll.

Berikut beberapa istilah yang berkaitan dengan teknologi computer :

  • Komputer adalah suatu mesin serbaguna yang dikontrol oleh program , dan digunakan untuk mengolah data menjadi informasi.
  • Program adalah deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan computer sehingga computer dapat melakukan tindakan yang dikehendaki.
  • Data adalah bahan mentah bagi computer yang dapat berupa angka maupun gambar.
  • Informasi adalah bentuk data yang dapat diolah sehingga dapat menjadi bahan yang dapat bergun untuk pengambilan keputusan.
  1. Teknologi Komunikasi

Teknologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Contohnya: televise, radio, telepon.

Manfaat Teknologi Informasi

Dengan kemajuan teknologi informasi dengan cepat pada jaman sekarang ini, tentunya banyak sekali manfaat yang kita dapatkan bukan hanya sebagian contoh kecil yang telah kita bahas seperti smartphone di atas. manfaat teknologi informasi sendiri mempuyai manfaat yang sangat besar, dengan teknologi informasi kita dapat mengetahui berita yang sangat baru, dari waktu ke waktu.

Manfaat teknologi informasi lain berdasarkan beberapa bidang yang bersangkutan, di antaranya :

  1. Bidang Pendidikan

  • Sumber pengetahuan yang dicari dapat diakses dengan mudah, misalnya mengenai latihan SBMPTN online.
  • Bagi penyelenggara pendidikan, mempermudah dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didiknya,
  • Memungkinkan mereka menjangkau peserta didik yang berada jauh dari tempatnya via program pembelajaran jarak jauh atau virtual,
  • Tersedianya e-library yang akan membantu mereka dalam mengurangi biaya penyediaan buku di perpusatakaan, dan lain sebagainya.
  1. Bidang Ekonomi

  • Bisa menjadi sarana dalam melihat pasar secara lebih luas melalaui produknya,
  • Menumbuhkan semangat kewirausahaan, seperti contohnya bisa menjual produknya melalui jejaring sosial,
  • Membantu masayarakat dalam mengembangkan perdagangannya melalui sistem e-commerce,
  • Bagi perusahaan, mereka tidak perlu membuka cabang distribusi yang terlalu banyak,
  • Bagi konsumen, mereka dapat membeli barang yang dibutuhkan secara luas dan dengan pilihan yang beragam,
  1. Bidang Manajemen Kesehatan

  • Mambantu dalam Membangun Sistem informasi rumah sakit (SIR) secara luas.

Sistem informasi rumah sakit sangat menolong untuk pertukaran informasi antar rumah sakit.

  • Membantu dalam melakukan manajemen oleh perawat untuk membantu perawat dalam menadta pasien, mengklasifikasikan pasien, catatan personal mengenai riwayat penyakit pasien serta laporan bertahap menganai kondisi dari pasien yang dirawat.
  • Membantu pembuatan Sistem Klasifikasi Pasien
    untuk memantau klasifikasi klien. Sistem klasifikasi pasien adalah pengelompokan pasien berdasarkan kebutuhan perawatan yang secara klinis dapat diobservasikan oleh perawat.
  • Alat bantu rekam medik

Komputer di  rumah sakit adalah membantu dalam penerapan rekam medis medis. Pengertian rekam medis berbasis komputer secara prinsip adalah penggunaan database untuk mencatat semua data medis, demografis serta setiap event dalam manajemen pasien di rumah sakit. Rekam medis berbasis komputer akan menghimpun berbagai data klinis pasien baik yang berasal dari hasil pemeriksaan dokter, digitasi dari alat diagnosisi (EKG, radiologi, dll), konversi hasil pemeriksaan laboratorium maupun interpretasi klinis.

  • Pengembangan E_Health di RS

Sebagai contoh, e-Health dapat diterapkan untuk membantu pengembangkan program yang membantu dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya saling bertukar infomasi secara elektronik, mengambil data rekam medis pasien kapan dan dimana diperlukan, dan melakukan kolaborasi dengan memberi layanan jasa kesehatan lainnya secara real time melalui internet.

 

Kemajuan teknologi informasi tersebut bisa kita rasakan dari terbantunya kegiatan kita karena terbentuknya penghematan waktu, tenaga, biaya dan lain sebagainya sehingga terjadi pula lah peningkatan hasil dari jerih payah yang kita lakukan. Teknologi informasi sangat berguna dikalangan masyarakat, karena dapat mempermudah seseorang yang sedang mencari sesuatu.dan yang disebutkan diatas adalah hanya baru beberapa saja masih banyak lagi manfaat kegunaan/pemanfaat Teknologi Informasi.

Semoga artikel mengenai artikel teknologi informasi ini dapat berguna dan memberikan gambaran untuk kita semua.

 

Sumber Referensi :

Triwahyuni, Terra Ch. (2013). Pengantar Teknologi Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.

http://postmyentri.blogspot.co.id/2012/12/rangkuman-materi-pengantar-teknologi_18.html

https://etiyuliati.wordpress.com/2010/05/27/rangkuman-materi-kuliah-pengantar-teknologi-informasi/

http://ryan-maarif.blogspot.co.id/2014/11/teknologi-atau-pertukangan-memiliki.html

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.